Presiden : Kolaborasi Perkuat Kohesivitas

Manado – KabarMu.id – Presiden Jokowi meminta Pemuda Muhammadiyah terus menjadi yang terdepan dalam menjaga nilai-nilai toleransi, persatuan, dan ideology Pancasila. Nilai keindonesiaan ini perlu menjadi landasan dalam gerakan sosial, ekonomi,, politik, termasuk kepemudaaan.

Pesan itu disampaikan oleh Presiden Jokowi saat membuka tanwir 1 Pemuda Muhammadiyah di Manado, Sulawasi Utara, Jumat, (2/4/2021) yang berlangsung daring dan luring. Dalam kesempatan itu, hadir perwakilan Wilayah Pemuda Muhammadiyah se Indonesia, Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, dan tamu undangan lainnya.

Presiden Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan melalui daring dari instana Kepresidenan Bogor mengingatkan bahwa solidaritas perlu dibangun secara terus menerus dan dikembangkan untuk memperkuat kohesivitas bangsa Indonesia.

Oleh karena itu, semua gerakan, termasuk perekonomian, semestinya berlandaskan pada nilai-nilai toleransi, persatuan, dan ideology pancasila. Presiden juga mengapresiasi Pemuda Muhammadiyah yang sudah mempelopori inkubasi bisnis.

Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyha, Agung Danarto mengingatkan bahwa Islam yang dibawa Muhammadiyah adalah Islam yang berkemajuan.

“Dakwah yang dikembangkan Muhammadiyah sifatnya lintas Agama, lintas bangsa, lintas suku, lintas budaya karena dalam rangka menciptakan kemaslahatan ummat di dunia dan di akhirat,” ujarnya

Untuk itu, seluruh masyarakat berhak mendapatkan keadilan, dalam arti memiiki hak dan kewenangan yang sama. Tiap orang berhak maju berkembang, kekayaan, dan mendapatkan keadilan di mata hukum.

Ketua umum Pemuda Muhammadiyah, Sunanto dalam pidatonya juga menegaskan bahwa gerakan Pemuda Muhammadiyah perlu selalu memberi manfaat. Karena itu, setiap gerakan tidak boleh memandang ras, warna kulit, atau agama.

“Setia gerakan Pemuda Muhammadiyah jangan pandang ras, warna kulit, dan agama. kalau perlu, bantulah. Sebab, itu fungsi Pemuda Muhammadiyah,” jelasnya

Sumber: kompas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *