Evi Apita Maya : Empat Pilar Kebangsaan sebagai Pedoman Membangun NKRI

Loteng – hamjahdiha.or.id – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPD RI) dapil Nusa Tenggara Barat (NTB), Evi Apita Maya bekerjasama dengan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PB. Inggris) Universitas Qamarul Huda Badaruddin (UNIQHBA) gelar sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan. Kegiatan tersebut diikuti oleh mahasiswa-mahasiswi PB. Inggris UNIQHBA yang dilangsungkan Aula FKIP UNIQHBA.

Pada kegiatan ini dihadiri langsung oleh Evi Apita Maya selaku anggota DPD/MPR RI. Pada kegiatan tersebut, Evi panggilan akrab Evi Apita Maya menjelaskan tentang pentingnya memahami empat pilar kebangsaan kepada masyarakat luas, lebih khususnya masyarakat intelektual (mahasiswa.red).

“Empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UU 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.  Dan ke empat pilar tersebut sebagai dasar dan pedoman membangun Negara Republik Indonesia,” jelas Evi dihadapan mahasiswa-mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris UNIQHBA.

Selain itu, Evi juga mengingatkan kepada mahasiswa-mahasiswi tentang pentingnya mengingat sejarah. Menurut Evi, Negara akan hancur disebabkan karena lupa tentang sejarah.

“Negara kita bisa hancur apabila kita lupakan sejarahnya, hapuskan budayanya, putuskan hubungan dengan leluhurnya maka dari itu kalian sebagai generasi penerus bangsa harus menjaga dan memahami empat pilar kebangsaan ini,” tutupnya

Selain Evi, materi juga disampaikan oleh Candra. Candra yang juga peneliti nilai-nilai moral kebangsaan menjelaskan tentang pentingnya membentengi diri dari pengaruh-pengaruh budaya asing.

“Mari kita jadikan empat pilar sabagai penangkal arus modernisasi yang membawa efek negatif bagi kita,” ujarnya

Empat pilar, lanjut peneliti PRESISI itu, sebagai panduan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mewujudkan civic society.

Pada kesempatan yang sama, Hamjah Diha selaku Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UNIQHBA mengungkapkan tentang pentingnya kegiatan tersebut. Menurut Hamjah Diha bahwa kegiatan tersebut dapat membangkitkan nalar mahasiswa-mahasiswi tentang nationalisme.

“Kegiatan ini digelar dapat membangkitkan nalar mahasiswa tentang tentang nasionalisme. Mengingat munculnya pemahaman radikalisme, dan sejenisnya,” jelas Hamjah Diha

Kegiatan tersebut dipandu oleh Syahbudin selaku staff ahli DPD RI, Evi Apita Maya. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *