HMPI NUSRA Gelar Webinar Nasional

Mataram – hamjahdiha.or.id – Covid 19 belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir, sementara dunia pendidikan dituntut untuk berbenah. Hal itu yang diresahkan oleh Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia (HMPI) Korwil Nusa Tenggara (NUSRA) menggelar Webinar Nasional. Atas dasar itulah, HMPI Korwil NUSRA mengelar Webinar Nasional. Kegiatan tersebut mengambil tema “Tantangan Pendidikan di Era New Normal”.

Kegiatan tersebut diharapkan untuk mencari solusi dunia pendidikan di tengah pandemi covid 19. Dalam kesempatan itu, Hamjah Diha selaku Ketua Umum HMPI NUSRA mengatakan bahwa webinar Nasional ini digelar guna mencari solusi yang dihadapi oleh bangsa khususnya di dunia pendidikan.


“Kita ingin mengambil bagian untuk memberikan solusi yang dihadapi dunia pendidikan. Sebab, di pandemi covid 19 ini, semua serba sulit. Contohnya kita dibatasi untuk pembelajaran tatap muka. Itulah tantangan pendidikan kita,” jelasnya

Misalnya pembelajaran online, lanjut Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris UNIQHBA itu, di daerah-daerah terpencil sangat susah jaringan, walaupun kemendikbudristek memberikan bantuan paket, namun itu tidak maksimal.


Hadir yang menjadi keynote speaker dalam webinar Nasional tersebut Ketua Umum DPP HMPI, Dr. Andi Fajar Asti. Dalam kesempatan itu, Andi menjelaskan tentang pentingnya membenahi kurikulum. Menurutnya kurikulum harus didesain se efisien mungkin.

“Pemerintah harus membenahi kurikulum yang lebih efisien sehingga peserta didik lebih cepat beradaptasi dengan perubahan zaman,” jelas Ketua Umum DPP HMPI itu.

Selain itu, hadir pula Dr. Muni Ika dari Kemendikbudristek, Dr. Yudi Citriadi dari UIN Mataram, dan Dr. Imam Sujadi dari UNS Surakarta.

Ketiga pemateri tersebut mengupas terkait tantangan dan solusi dunia pendidikan mulai dari TK hingga Perguruan Tinggi

Menurut Muni Ika bahwa di era pandemi covid 19 ini, praktisi pendidikan harus memanfaatkan informasi dan tekhnologi.

“Di era pandemi covid 19 ini, digitalisasi menjadi penting. Untuk itu, kita harus memanfaatkan IT,” jelasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *